.

LANGKAH -LANGKAH PEMBELAJARAN |

BAB II
PEMBAHASAN
A.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Dalam proses pembelajaran ini membicarakan tentang prosedur pembelajaran kurukulum berbasis kompetensi yang merupakan inplementasi kurikulum 2004. Untuk kompetensi tersebut, kompetensi materi standart, dan waktu yang di perlukan
Berbicara tentang proses pendidikan sudah tentu tak dapat dipisahkan dengan semua upaya yang harus dilakukan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas, sedangkan manusia yang berkualitas itu dilihat dari segi pendidikan, telah terkandung secara jelas dalam tujuan pendidikan nasional.
Sebagai orientasi dalam rangka menelaah masalah ini, maka perlu dipertanyakan beberapa hal, yakni:
  1. APA? Apa yang dimaksud dengan pendidikan
  2.  MENGAPA? Tujuan-tujuan yang hendak dicapai oleh pendidikan
  3. UNTUK SIAPA? Pertanyaan ini berkenaan dengan siapa yang terlibat
  4. OLEH SIAPA? Pertanyaan ini bertalian dengan siapa yang melaksanakan proses pendidikan
  5. BAGAIMANA? Pertanyaan ini berkenaan dengan cara prosedur pelaksanaan/ penyelenggaraan pendidikan
Dalam langkah ini pembelajaran pada hakikatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya sehingga terjadi peerubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Dalam interaksi ini banyak faktor yang mempengaruhi baik faktor dalam maupun faktor luar.

B.    LANGKAH AWAL PEMBUKAAN

Dalam kegiatan awal pembelajaran, dalam mensukseskan kurikulum 2004 mencakup pembinaan, kekraban dan pre-test.

1.    Pembinaan keakraban

Pembinaan keakraban bertujuan untuk terciptanya hubungan yang harmonis antara guru dan peserta didik dan antara peserta didik dengan peserta dididk yang lain. Dan tujuan ini juga agar mengkondisikan para peserta didik agar mereka siap melakukan kegiatan belajar antara peserta didik dan pendidik harus saling mengenal terlebih dahulu agar menumbuhkan keakraban antara keduanya. Hal ini sangat penting sebelum memasuki kegiatan inti.
Langkah-langkah yang harus ditempuh adalah sebagai berikut2:
  • Diawal pertemuan pertama, guru memperkenalkan diri kepada peserta didik dengan memberi salam, menyebut nama, alamat, pendidikan terakhir, dan tugas pokoknya disekolah.
  • Peserta didik masing-masing memperkenalkan diri dengan memberi salam, menyebut nama, alamat, dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, serta mengapa mereka belajar disekolahan ini.
2.    pre-test (tes awal)

pre-test ini dilakukan setelah membina keakraban dan mempunyai banyak fungsi diantaranya3:
  • Untuk menyiapkan peserta didik dalam proses belajar, karena dengan pre-test maka pikiran mereka akan terfokus pada soal-soal yang harus mereka jawab atau kerjakan.
  • Untuk mengetahui tingkat kemajuan peserta didik sehubungan dengan proses pembelajaran yang dilakukan. Hal ini dapat dilakukan dengan membandingkan hasil pre-tes dengan post-test.
  • Untuk mengetahui kemampuan awal yang telah dimiliki peserta didik mengenai bahan ajaran yang akan dijadikan topic dalam proses pembelajaran.
  • Untuk mengetahui darimana seharusnya proses pembelajaran dimulai. Tujuan-tujuan mana yang telah dikuasai peserta didik dan tujuan-tujuan mana yang perlu mendapat penekanan dan perhatian khusus.
Untuk mencapai fungsi-fungsi tersebut maka hasil pre-test harus diperiksa dan pada waktu memeriksa pre-test perlu diberikan kegiatan lain.

C. LANGKAH INTI PEMBELAJARAN

Dalam kegiatan ini guru haruslah menyampaikan informasi tentang materi standart, pembahasan materi standart, untuk membentuk kopetensi peserta didik serta melakukan tukar pengalaman dan pendapat dalam membahas materi.

Peserta didik dibantu oleh guru sebagai fasilitator. Kegiatan ini perlu dilakukan dengan tenang dan menyenangkan. Guru dituntut agar bias beraktifitas dan berkreatifitas dalam menciptakan lingkungan yang konduktif.

Tugas peserta didik adalah belajar. Tanggung jawab peserta didik adalah mencakup keterlibatan mereka dalam membina dan mengembangkan kegiatan belajar yang telah disepakati dan ditetapkan bersama. Tehnik pelaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu ceramah berfarias, pemberian tugas, diskusi, sosiodrama.
Prosedur yang ditempuh dalam pembentukan kopetensi sebagai berikut:
  • berdasarkan kompetensi dasar dan materi standart yang telah dituangkan dalam perencanaan pembelajaran (satuan pembelajaran) guru menjelaskan kompetensi minimal yang harus dicapai peserta didik, dan cara belajar individual
  • Guru menjelaskan materi standart secara logis dan sistematis, pokok bahasan dikemukakan dengan jelas atau ditulis dipapan. Memberi kesempatan peserta didik untuk bertanya sampai materi standar tersebut benar-benar dapat dikuasai.
  • Membagikan materi standar atausumber belajar berupa hand out dan foto kopi beberapa bahan yang akan dipelajari.
  • Membagikan lembaran kegiatan untuk setiap peserta didik. Lembaga kegiatan berisi tugas tentang materi standar yang telah di jelaskan oleh guru dan dipelajari oleh peserta didik.
  • Guru memantau dan memeriksa kegiatan peserta didik dalam mengerjakan lembaran kegiatan, sekaligus memberikan bantuan, arahan bagi mereka yang memerlukan.
  • Setelah selesai diperiksa bersama-sama dengan cara menukar jawabannya.Kekeliruan dan kesalahan jawaban diperbaiki oleh peserta didik, jika ada yang kurang jelas, guru memberi kesempatan bertanya, tugas atau kegiatan mana yang perlu penjelasan lebih lanjut.
BAB III
KESIMPULAN
  1. hakekat pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungan.
  2. dalam interaksi banyak factor yang mempengaruhi yaitu factor internal dan eksternal.
  3. tahap pembinaan keakraban atau pengenalan bertujuan untuk mengondisikan peserta didik untuk siap melakukan kegiatan belajar. Suasana keakraban perlu ditumbuhkan oleh guru dan peserta didik.
  4. kegiatan inti pembelajaran mencakup penyampaian informasi dan materi standar, membahas materi untuk membentuk peserta didik dan melakukan tukar pengalaman. Kegiatan inti harus dilakukan dengan tenang dan menyenangkan.
DAFTAR PUSTAKA

- Hamalik oemar, Dr, “kurikulum dan pembelajaran” Jakarta Bumi Aksara 2009.
- Mulyasa, “Implementasi Kurikulum 2004” , Remaja Rosdakarya Bandung 2006.
- Pidarta Made, Prof.Dr. “Perencanaan Pendidikan Partisipatori”, Rineka Cipta Jakarta 2005
Judul Artikel: LANGKAH -LANGKAH PEMBELAJARAN |
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sang Pecinta

Link: http://makalahkomplit.blogspot.com/2012/08/langkah-langkah-pembelajaran.html Terimakasih atas kunjungan Sobat beserta kesediaan Anda membaca artikel ini (http://makalahkomplit.blogspot.com/2012/08/langkah-langkah-pembelajaran.html). Kritik dan Saran sobat dapat sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini. http://makalahkomplit.blogspot.com/2012/08/langkah-langkah-pembelajaran.html, http://makalahkomplit.blogspot.com/2012/08/langkah-langkah-pembelajaran.html, http://makalahkomplit.blogspot.com/2012/08/langkah-langkah-pembelajaran.html, Selamat membaca di Makalah Komplit

Temukan Judul: semua Artikel , Manfaat dari , Ikut sertakan judul , , , , dan

0 komentar:

Poskan Komentar